Wikipèḍia:Sorambhi pemaoran

Ḍâri Wikipèḍia bhâsa Madhurâ, lombhung pangataowan mardhika
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Congratulations[beccè' sombher]

Hi Boesenbergia, Alfiyah Rizzy Afdiquni, Pinerineks, Mochammad Fadli. Thank you very much for your huge efforts and congratulation on the creation of Madurese Wikipedia. Best regards --Holder (kanḍhâ) 23:26, 15 Dèsèmber 2020 (WIB)

Undangan urun pikiran dalam konsultasi Kode Etik Universal[beccè' sombher]

Salam,

Anda diundang untuk ikut urun pikiran dan gagasan pada proses konsultasi tahap kedua Kode Etik Universal (UCoC). Konsultasi tahap kedua UCoC akan berfokus pada perumusan mekanisme penerapan dan penegakan yang efektif dan berlaku bagi seluruh proyek-proyek Wikimedia. Tahap kedua ini penting mengingat UCoC merupakan salah satu mandat utama dari proses Strategi Gerakan Wikimedia dan akan menjadi standar minimum bagi kebijakan tingkah laku di proyek-proyek Wikimedia. Komunitas bahasa Madura, sebagai bagian dari komunitas Wikimedia di Indonesia, akan memainkan peran yang penting dalam penegakan UCoC berdasarkan nilai-nilai lokal, pengalaman terdahulu, ingatan institusional, dan kearifan budaya yang berlaku di sini.

Kami menyediakan beberapa bahan bacaan yang dapat membantu Anda mengetahui dasar-dasar mengenai UCoC. Anda dapat membaca rancangan akhir UCoC yang disusun oleh komite staf dan sukarelawan Wikimedia; laporan akhir dari konsultasi tahap pertama mengenai perumusan UCoC; dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait UCoC (FAQ).

Anda dapat berpartisipasi dengan berkomentar di halaman permohonan pendapat, yang akan dibuka sampai akhir bulan Februari 2021. Namun, bila Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin menyampaikan respon yang dirasa lebih sesuai disampaikan pada ruang privat, silakan kirimkan surel atau tinggalkan pesan di halaman pembicaraan saya untuk mengatur cara komunikasi yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

Kami memohon maaf karena keterbatasan sumber daya, diskusi hanya dapat diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan tidak dalam bahasa-bahasa daerah lain yang dipertuturkan di Indonesia. Namun, Anda amat dianjurkan untuk berkomentar dan menyampaikan pendapat sesuai dengan kondisi komunitas Madura.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda. Kami menunggu sumbangan pemikiran dan pendapat yang baik, dalam rangka membuat gerakan Wikimedia sebuah tempat yang lebih nyaman bagi semua orang.

Salam hangat, RamzyM (WMF) (kanḍhâ) 06:46, 18 Jânuwari 2021 (WIB)

Halo semua. Untuk mengetahui secara lebih spesifik lagi dari komunitas Wikimedia di Indonesia, kami mengundang Anda untuk mengisi survei tentang Kode Etik Universal di tautan ini. Terima kasih! RamzyM (WMF) (kanḍhâ) 14:39, 10 Fèbruwari 2021 (WIB)

Invitation to join the UCoC Roundtable Discussions[beccè' sombher]

You are invited to participate in the Roundtable Discussions about how to enforce the Universal Code of Conduct within the Wikimedia movement. There are two Zoom calls scheduled at 15 May and 29 May, both at 15:00-16.30 UTC. Please sign your name here if you are interested. Should you have any questions, please contact RamzyM (WMF). Thank you! MediaWiki message delivery (kanḍhâ) 6 Mèi 2021 04.48 (WIB)

Undangan forum diskusi virtual UCoC[beccè' sombher]

Rekan-rekan Wikimedian: Anda diundang untuk ikut serta dalam forum diskusi virtual mengenai Kode Etik Universal (UCoC) pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, pukul 05.00-06.30 (12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT). Topik diskusi pada kali ini adalah seputar penegakan UCoC di proyek dan komunitas Wikimedia. Apabila Anda memiliki pertanyaan, sila hubungi Ramzy Muliawan. Kami tunggu kedatangan Anda! MediaWiki message delivery (kanḍhâ) 3 Junè 2021 16.43 (WIB)

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021[beccè' sombher]

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan dimulai pada tanggal 4 Agustus 2021. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, 20 orang calon telah ditetapkan untuk pemilihan tahun ini.

Dewan Pengawas mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Seluruh anggota Gerakan Wikimedia berkesempatan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ini. Dewan Pengawas kemudian diperkirakan akan memilih empat calon yang mendapatkan suara terbanyak untuk mulai bertugas pada bulan September. Para anggota terpilih akan bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun.

Bagaimana caranya Anda dapat terlibat?

Ketahui lebih banyak tentang para calon

Para calon yang berasal dari berbagai komunitas Wikimedia telah mengajukan pencalonan mereka. Anda disarankan untuk mempelajari tentang visi-misi para calon sebelum memilih. Anda juga dapat memberikan pertanyaan untuk dijawab para calon selama periode kampanye. Para calon akan menjawab pertanyaan yang dikumpulkan oleh Komite Pemilihan di Meta. Dalam beberapa minggu ke depan, para calon juga akan memiliki kesempatan untuk menayangkan video presentasi tentang pencalonan mereka.

Ikut serta dalam kampanye

Tim fasilitasi pemilihan sedang merencanakan beberapa kegiatan selama periode kampanye. Lihat informasi mengenai hal ini pada halaman pemilihan di Meta.

Anggota komunitas dianjurkan untuk mengorganisir kegiatan pada masing-masing komunitas mereka. Kami meminta agar setiap kegiatan yang melibatkan para calon agar memperhatikan komitmen waktu individu, karena proses pencalonan dan pemilihan amat memakan waktu. Harap cantumkan kegiatan kampanye yang Anda rencanakan pada halaman pemilihan Dewan Pengawas di Meta, sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Anda juga dapat meminta bantuan dari para fasilitator dan sukarelawan pemilihan.

Gunakan hak pilih

Pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengurus tahun 2021 berlangsung dari 4 hingga 17 Agustus 2021. Komite Pemilihan telah menetapkan sistem Single Transferable Vote sebagai sistem penghitungan suara dan penetapan keputusan. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pemilih, proses, dan pertanyaan yang kerap ditanyakan mengenai pemungutan suara.

Single Transferable Vote

Sistem pemilihan ini memungkinkan para pemilih untuk mengurutkan pilihan mereka sesuai preferensi. Ini memudahkan Anda untuk menjelaskan siapa yang Anda inginkan, ketimbang metode dukung atau tolak yang biasa digunakan. Jika calon pilihan pertama Anda telah memiliki cukup suara untuk terpilih, suara Anda akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Jika calon pilihan pertama Anda tidak akan terpilih, suara Anda juga akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Lihat contoh yang telah dipersiapkan oleh tim fasilitasi di sini. Informasi lebih yang lengkap akan tersedia pada pertengahan bulan Juli.

Kami berharap Anda dapat menyebarkan informasi mengenai pemilihan ini seluas-luasnya dan membantu Yayasan Wikimedia memiliki anggota Dewan Pengawas dengan kualitas yang baik, sehingga dapat mewujudkan dan melindungi kepentingan gerakan dalam beberapa tahun ke depan.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

MediaWiki message delivery (kanḍhâ) 2 Juli 2021 17.19 (WIB)

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 2[beccè' sombher]

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 2, Juli 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kedua nawala Kode Etik Universal (UCoC)! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Komite Perumus telah mengadakan beberapa pertemuan awal untuk menghubungkan dan menyelaraskan topik kunci mengenai penegakan, dengan mempertimbangkan penelitian terdahulu mengenai proses yang sudah ada dan celah yang masih harus diisi oleh gerakan Wikimedia. (terus baca)
  • Laporan Penelitian Target Gangguan Keamanan - Untuk mendukung pekerjaan Komite Perumus, Yayasan Wikimedia telah mengadakan sebuah proyek penelitian yang mengkaji pengalaman gangguan keamanan di proyek-proyek Wikimedia. (terus baca)
  • Konsultasi Fungsionaris - Sejak bulan Juni, pengguna dengan status fungsionaris dari berbagai proyek Wikimedia telah mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana UCoC akan berlaku dalam konteks global Wikimedia. (terus baca)
  • Forum Diskusi Virtual - Tim fasilitasi UCoC kembali menggelar forum diskusi virtual untuk anggota komunitas berbahasa Korea dan dari proyek-proyek di wilayah ESEAP lainnya untuk mendiskusikan mengenai penegakan UCoC. (terus baca)
  • Penerapan Awal UCoC di Beberapa Komunitas - Sejak ratifikasi UCoC oleh Dewan Pengawas pada bulan Februari 2021, UCoC sudah mulai diadopsi dan diterapkan pada komunitas Wikimedia. (terus baca)
  • Masa Kerja Baru untuk Komite Peninjau Perkara Sementara Trust & Safety - Pada awalnya, CRC diperkirakan untuk menyelesaikan mandatnya pada tanggal 1 Juli. Namun begitu, seiring dengan perkembangan UCoC yang diperkirakan baru akan selesai pada bulan Desember, masa kerja CRC juga telah disesuaikan. (terus baca)
  • Wikimania - Tim UCoC berencana untuk menggelar diskusi termoderasi yang melibatkan perwakilan dari berbagai belahan gerakan Wikimedia pada Wikimania 2021. Kami juga akan hadir pada Community Village. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai UCoC, silakan hubungi fasilitator tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan untuk komunitas Indonesia dan ESEAP, RamzyM (WMF).

-- MediaWiki message delivery (kanḍhâ) 14 Juli 2021 20.58 (WIB)